Minggu, 10 Maret 2013

KEGIATAN FRON PEMUDA PEMBELA ADAT DAN SYARAK AWAL MARET 2013

1. PEMASANGAN/PENGGANTIAN SPANDUK DI SIMPANG MANDUANG.
Tanggal 2 Maret 2013, Fron P PAS dan rombongan bersama-sama mengganti dan memasang baru spanduk di Simpang Manduang yang berisi “ Selamat Datang di Wilayah Buek Arek VI suku Pakan Sinayan-Bansa. Anda memasuki kawasan berbusana muslim, tertib lalu lintas dan berprilaku Islami”. Karena spanduk yang lama telah rusak di makan usia yang telah terpasang kurang lebih 10 bulan dan telah tidak indah lagi di pandang mata, akhirnya ada seorang perantau kita yang mengirim uang demi di gantinya spanduk itu dengan spanduk baru. Alhamdulillah spanduk baru sekarang telah terpasang. Moga isi spanduk tersebut segera terwujud dan semuanya menjadi nyata. 

2.  TAKZIAH DI KAMPUANG BARU.
Awal bulan Maret ada keluarga kita mendapat musibah di kampung baru yaitu nya meninggalnya Mak Ono, kampuang baru. Sebagai wujud bela sungkawa anggota fron p pas datang dalam kegiatan di pemakaman dan datang takziah di malam harinya. 
3.  TAKZIAH DI KAMPUANG BUDI dan PARIK PANJANG.
Tanggal 8 Maret 2013 hari jumat. Salah seorang saudara kita/bapak kita/mamak kita/ tuan kita, Tuan Pudin menghadap Yang Maha Esa. Anggota Fron P PAS juga datang dan membantu kegiatan di pemakaman, mensholatkan dan ikut meramaikan kegiatan takziah di rumah duka. Malam pertama di kampuang budi (rumah orang tua beliau), malam kedua di parik panjang (rumah anak beliau).
Semoga arwah sanak saudara kita yang telah mendahului kita di terima disisiNya dan mendapat tempat yang layak dan nyaman. AMIN. 
4. MENGUNJUNGI ACARA PESTA PERNIKAHAN DI KAMPUANG BUDI.
8 Maret 2013, keponakan dari Pembina F P PAS Mayor Infanteri M. Kasni meresmikan pernikananya di Kampuang Budi. Anggota F P PAS yang memiliki waktu luang di undang untuk datang, Alhamdulillah setiap undangan yang di terima F P PAS, insyaallah perwakilan F P PAS yang datang. Dan dalam lanjutan acara tersebut, F P PAS juga mendapat kesempatan memperkenalkan diri kepada Wali Kota Bukittinggi, Bapak Ismet Amzis, dan beliau memberi dorongan dan respon positif bagi Fron P PAS. Acara pernikahan lain yang juga pernah di kunjungi adalah di kampung budi dan parik panjang, seandainya di undang, perwakilan anggota F P PAS, insyaallah akan datang, demi menjalin silaturrahmi.
5. KEGIATAN PERTEMUAN DAN PEMBINAAN DARI KEMENAG KAB. AGAM DAN PENYERAHAN HADIAH DARI KEMENAG AGAM UNTUK “JORONG PAKAN SINAYAN JUARA PERTAMA TINGKAT PROPINSI” JORONG BEBAS BUTA AKSARA ALQURAN.
Jorong Pakan Sinayan adalah jorong binaan untuk Desa Buta Aksara Al Quran. Kegiatan yang telah dilaksanakan sejak 2012 lalu, ternyata di awal 2013 telah dinyatakan bahwa jorong kita ini juara di tingkat kabupaten dan Juara 1 tingkat propinsi Sumatera Barat. Bapak Kepala Kanwil Kemenag Sumatera Barat dan Bapak Bupati Agam, Bapak Indra Catri langsung menerima penghargaan dari Bapak Menteri Agama RI, atas prestasi jorong Pakan Sinayan.

Sebagai apresiasi dari Kantor Kementrian Agama Kabupaten Agam, maka pada tanggal 9 maret 2013, bapak kepala kemenag Agama, Bapak Drs. Asra Faber, MM datang dengan rombongan ke jorong Pakan Sinayan, dengan memberi semangat dan peluang mengajukan permohonan bantuan ke berbagai instasi di Agam dan Propinsi. Sedangkan kemenag agam memeberi piagam, piala dan uang pembinaan. Berdasarkan informasi yang didapat, bahwa keberadaan Fron Pemuda Pembela Adat dan Syarak sangat di apresiasi sampai ke tingkat nasional, keberadaan pemuda yang melakukan patroli magrib mengaji, patroli busana muslim dan tertib lalu lintas, patroli tempat wisata adalah hal baru dan gebrakan besar di sebuah daerah. Hal ini, menurut beberapa sumber yang dipercaya membuat tertarik masyarakat dan pemerintah dari Kalimantan Barat dan Sulawesi Selatan untuk datang ke daerah jorong kita ini. Apakah kita sudah siap dengan sarana prasana, seperti batas kampung, nama jalan, kantor organisasi F P PAS, inilah yang menjadi tanda tanya  dan PR bagi kita bersama.


6. KEGIATAN PENGAJIAN FRON P PAS DAN PEMUDA PARIK PANJANG DI MUSHALLA PARIK PANJANG
Tanggal 9 Maret 2013, kegiatan tabligh akbar dan sosialisasi aturan buek arek VI suku Pakan Sinayan Bansa dan Fron P PAS diadakan di dusun Parik Panjang. Alhamdulillah masyarakat datang dengan bersemangat dan ramai. Usadz Zulfaghri pun ternyata merasa bangga dengan adanya kegiatan kembali ke adat dan syarak di VI suku, beliau member semangat dan meminta masyarakat untuk mendukung dan terus member semangat bagi Fron P PAS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar